Responsive Banner design
Home » » Jangan Panik! Ini Cara Efektif Perut Panas Saat Hamil

Jangan Panik! Ini Cara Efektif Perut Panas Saat Hamil

Secara umum, kondisi dan metabolisme tubuh wanita saat hamil memang cenderung tidak stabil. Oleh karenanya, cukup banyak keluhan yang muncul. Tidak hanya mual dan muntah saja, namun masalah perut panas saat hamil pun bisa terjadi. Meskipun umum, hal ini tetap saja mengganggu kenyamanan ibu hamil.

Nah, kondisi perut yang panas saat hamil ini disebut juga dengan istilah heartburn. Umumnya, heartburn terjadi saat trimester ketiga atau menjelang kelahiran.

Terkait penyebab, banyak pakar yang mengatakan jika heartburn disebabkan karena asam lambung yang terdorong dari perut ke arah kerongkongan sehingga akan menyebabkan perut panas. Selain itu, ibu hamil yang memiliki riwayat mag cenderung lebih rentang terhadap gangguan kesehatan ini.

Hanya saja, Anda sebagai ibu hamil tidak perlu panik. Ada beberapa cara efektif yang bisa dilakukan untuk mengatasi heartburn. Apa saja? Simak ulasan selengkapnya!

Jangan Panik! Ini Cara Efektif Perut Panas Saat Hamil


Cara Efektif Mengatasi Perut Panas Saat Hamil
Sebagaimana disinggung di awal, ada beberapa solusi tepat yang bisa dilakukan untuk mengatasi dan mencegah heartburn atau panas pada perut agar tidak terjadi. Beberapa solusi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

1) Menggunakan pakaian yang lebih longgar
Saat perut terasa panas, ada rasa sesak yang biasanya akan muncul. Jika hal tersebut terjadi, ibu hamil nantinya bisa merasakan ketidaknyamanan yang luar biasa.

Oleh karenanya, mengenakan pakaian yang lebih longgar adalah salah satu solusi yang bisa dilakukan. Dengan pakaian yang lebih longgar, minimal ada celah yang tidak menekan perut agar perut merasa lebih nyaman. 

Selain itu, pada dasarnya, ibu hamil memang disarankan untuk mengenakan pakaian yang longgar. Salah satu tujuannya adalah agar tidak menekan janin yang dikandung. 

2) Selektif dalam memilih makanan
Untuk menghindari masalah perut panas ketika hamil, Anda sebagai ibu hamil sebaiknya cenderung lebih selektif dalam memilih makanan. Hal ini beralasan karena jenis makanan yang dikonsumsi nantinya juga bisa berdampak pada naiknya asam lambung penyebab perut menjadi panas.

Terkait makanan, ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari sementara waktu. Beberapa makanan tersebut adalah makanan yang terlalu pedas, terlalu asam, memiliki bumbu tajam ataupun berlemak. Sebagai gantinya, konsumsi makanan berkuah seperti sayur sup yang cenderung aman.

3) Perbanyak konsumsi serat
Hal lain yang juga penting dilakukan untuk mencegah perut panas saat hamil adalah memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat. Dalam hal ini, serat akan menjadi nutrisi penting untuk melancarkan pencernaan dan juga mengatur asam lambung.

Untuk memenuhi kebutuhan serat harian, Anda sebaiknya mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah. Hanya saja, tentu pilih buah yang tidak terlalu masam agar masalah asam lambung tidak terjadi.

4) Atur pola makan
Mengatur ulang pola makan juga menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi masalah perut panas ketika hamil. Dalam hal ini, ada baiknya jika Anda mengonsumsi makanan dalam porsi kecil namun beberapa kali.

Cara konsumsi ini cenderung lebih aman daripada mengonsumsi makanan secara langsung dalam jumlah banyak. Dengan konsumsi makanan porsi kecil, sistem pencernaan Anda tidak akan bekerja terlalu berat sehingga masalah seperti asam lambung tidak akan terjadi.

Beberapa hal di atas bisa menjadi solusi untuk mengatasi dan mencegah perut panas saat hamil agar Anda tetap merasa nyaman saat hamil. Sebagai tambahan, Anda bisa mengonsumsi susu sebelum tidur untuk menghangatkan sistem pencernaan. Semoga bermanfaat.

Deskripsi: perut panas saat hamil menjadi salah satu masalah yang cukup sering muncul. Namun, ada beberapa solusi efektif untuk mengatasinya. 

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.