Responsive Banner design
Home » » 17 Manfaat Daun Kelor Buat Kesehatan & Kecantikan - Lifestyle Katadata.co.id

17 Manfaat Daun Kelor Buat Kesehatan & Kecantikan - Lifestyle Katadata.co.id

Manfaat daun kelor tidak hanya dipakai sebagai bahan untuk membuat kuliner. Kandungannya yang kaya akan nutrisi menciptakan flora berdasarkan suku Moringaceae ini sangat berguna buat kesehatan & perawatan kecantikan.

Tumbuhan asli India ini mengandung banyak nutrisi, pada antaranya vitamin A, vitamin B1, B2, B3, folat, kalsium, potasium, magnesium, zinc, & masih banyak lagi. Selain itu, kelor mengandung semua unsur asam amino esensial, yakni argine, histidine, leusine, lysine, & sebagainya.

Tanaman yang mempunyai berukuran daun kecil ini kandungan nutrisinya akan mengalami peningkatan apabila dikonsumsi setelah dikeringkan dan dihaluskan.

Manfaat Kelor buat Kesehatan

Mengutip Medical News Today & aneka macam sumber terkait lainnya, berikut manfaat daun kelor buat kesehatan:

Edema adalah suatu penyakit pada mana cairan menumpuk di jaringan tertentu pada tubuh. Tetapi, yang paling kentara terlihat dalam lengan atau tungkai. Penyakit ini terjadi ketika cairan pada pembuluh dara keluar ke jaringan sekelilingnya.

Sifat anti-inflamasi kelor bisa bekerja secara efektif pada mencegah edema berkembang.

2. Melindungi & Menutrisi Kulit & Rambut

Minyak biji kelor berguna buat melindungi rambut dari gambaran radikal bebas dan menjaganya tetap higienis dan sehat. Tumbuhan berjuluk superfood ini pula mengandung protein yg membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan.

Kelor juga mengandung elemen hidrasi dan detoksifikasi yang baik buat rambut dan bisa menyembuhkan infeksi kulit dan luka.

Kelor bisa melindungi hati berdasarkan kerusakan yang disebabkan oleh obat anti TB dan dapat meningkatkan kecepatan proses perbaikannya.

Daun kelor sanggup menyeimbangkan kadar gula darah & mengurangi komplikasi akibat penyakit diabetes. Berdasarkan uji klinis yg diterbitkan dalam jurnal Nutrients dalam 2018, daun kelor bisa meminimalisir lonjakan gula darah sesudah makan pada pengidap diabetes.

Tidak hanya pada daunnya, merujuk pada studi yg dilakukan dalam 2012 yang diterbitkan pada Journal of Diabetes, ekstrak buah kelor juga mampu mengatasi penyakit diabetes.

Ekstrak kelor mengandung sifat yg dapat membantu mencegah berkembangnya sel kanker. Selain itu, kandungan senyawa niazimicin pada kelor sanggup menekan perkembangan sel kanker pada tubuh.

6. Mencegah Kardiovaskular

Sejak dulu, biji kelor dimanfaatkan buat menurunkan tekanan darah dan menaikkan fungsi jantung. Hal tadi terbukti pada sebuah studi yg dilakukan menggunakan subjek seekor tikus. Studi yg diterbitkan dalam 2019 itu menemukan bahwa biji kelor bisa mencegah gangguan jantung & pembuluh darah.

Kendati dilakukan dalam fauna, nyatanya daun kelor merupakan tanamanyg ampuh mengurangi peradangan terkait stres oksidatif & relaksasi arteri guna memperlancar aliran darah.

7. Mengobati Gangguan Pencernaan

Ekstrak kelor dapat membantu mengobati beberapa gangguan perut, misalnya sembelit, gastritis, dan kolitis ulseratif. Sifat antibiotik dan antibakteri kelor ampuh merusak pertumbuhan berbagai patogen & kandungan vitamin B-nya yang tinggi dapat memperlancar pencernaan.

8. Mengatasi Disfungsi Ereksi

Daun kelor bisa berperan menjadi afrodisiak atau pembangkit gairah sebagai akibatnya acapkali dipakai buat mengobati disfungsi birahi pada pengobatan tradisional.

Walaupun memerlukan penelitian lanjutan, tetapi sebuah penelitian pada tikus mengambarkan kelor bisa menaikkan fungsi seksual menggunakan menumbuhkan kadar testosteron.

9. Melawan Peyakit Bakteri

Karena sifat antibakteri, antijamur, dan antimikrobanya, ekstrak kelor bisa memerangi infeksi yang ditimbulkan sang bakteri Salmonella, Rhizopus, & E. coli.

Kandungan kalsium & fosfor dalam kelor jua bisa membantu menjaga tulang agar permanen sehat & bertenaga. Sejalan menggunakan hal tadi, antiinflamasi dalam kelor pula bisa membantu mengobati kondisi seperti radang sendi dan dapat menyembuhkan tulang yg rusak.

Mengutip Healthline, penelitian membuktikan bahwa kandungan isothiocyanate dalam daun dan biji kelor adalah senyawa anti peradangan primer. Walau demikian, studi lebih lanjut terkait hal ini masih diperlukan, sebab penilitan sebelumnya hanya dilakukan pada fauna & tabung reaksi.

12. Memperbaiki Suasana Hati & Mengobati Luka

Sifat antidepresan daun kelor dianggap bisa membantu mengobati depresi, kecemasan, sampai kelelahan. Selain itu, ekstrak kelor terbukti dapat menutup & mengurangi keluarnya bekas luka.

Kadar radikal bebas yang tinggi mampu menyebabkan stres oksidatif yg bisa memicu aneka macam penyakit kronis lainnya, seperti penyakit jantung & diabetes tipe 2.

Daun kelor mengandung senyawa antioksidan bisa melawan ancaman radikal bebas pada pada tubuh. Senyawa antioksidan pada daun kelor ini adalah vitamin C, betakaroten, quercetin, dan asam klorogenat.

Berkat kandungan antioksidannya yg tinggi kelor dapat menjaga kesehatan mata, misalnya menghentikan pelebaran pembuluh darah retina, mencegah penebalan memberan kapiler, & menghambat disfungsi retina.

Selain yg disebutkan di atas, masih banyak manfaat daun kelor lainnya, misalnya mengobati asma, melindungi tubuh berdasarkan penyakit ginjal, hingga mengobati anemia dan penyakit sel sabit.

Manfaat Daun Kelor buat Wajah

Tumbuhan yg kaya akan kandungan nutrisi ini nyatanya memiliki banyak manfaat buat wajah. Sehingga seringkali digunakan menjadi masker paras. Adapun manfaat daun kelor buat wajah, sebagai berikut:

Senyawa antioksidan dalam daun kelor berperan krusial dalam menjaga kesehatan kulit, salahsatunya munculnya keriput akibat radikal bebas. Bukan cuma itu, daun kelor efektif melindungi keutuhan elastin dalam kulit yg berfungsi menjaga kulit.

Daun kelor mempunyai kandungan asam lemak yang acapkali digunakan pada industri kecantikan buat perawatan bibir. Kandungan tadi mampu melembabkan dan mempertahankan kelembutan bibir.

17. Mengatasi Kulit Berminyak

Vitamin A, C, dan E yang masih ada dalam daun kelor berfungsi secara efektif dalam mengatasi kulit berminyak. Daun kelor jua bisa menghilangkan jerawat & flek hitam yg membandel.

Cara Membuat Masker Daun Kelor

Untuk menciptakan masker daun kelor diperlukan beberapa bahan, yakni  satu sdm (sendok makan) bubuk daun kelor, satu sdm madu murni, alpukat yg sudah ditumbuk halus, dan satu sdt (sendok teh) juz lemon atau air.

Setelah seluruh bahan siap, mulailah menciptakan masker daun kelor dengan memasukan semua bahan tadi ke dalam mangkuk atau wadah lainnya dan kocok hingga rata. Setelah semua bahan tercampur, oleskan ke area paras secara perlahan & merata, kemudian pisahkan selama 10-20 mnt.

Selanjutnya, basuh paras dengan air hangat dan keringkan menggunakan handuk secara perlahan. Untuk memperoleh hasil optimal, aplikasikan masker paras daun kelor dalam malam hari.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.